Kota Pangkalpinang

Ayoo! Imunisasi COVID-19 program

0

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menetapkan pemberian imunisasi Covid-19 sebagai imunisasi rutin untuk kelompok rentan sebagai perlindungan dari Covid-19, Berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/Menkes/2193/2023.

Sejak pertama kalinya Corona Virus jenis baru (SARS-CoV-2) yang ditemukan di Wuhan, Tiongkok dilaporkan pada bulan Desember 2019 yang lalu, Indonesia telah melaksanakan berbagai upaya penanggulangan secara masif, termasuk melaksanakan vaksinasi. Dengan penanganan yang cepat, tepat dan terpadu ini maka pada awal tahun 2023 kasus dan tingkat keparahan COVID-19 secara nasional mengalami penurunan yang signifikan.

Pada tanggal 22 Juni 2023 telah ditetapkan perubahan status COVID-19 dari pandemi menjadi endemi. Namun demikian, upaya penanggulangan COVID-19 harus tetap dilanjutkan salah satunya melalui pemberian imunisasi rutin COVID-19 dengan sasaran kelompok masyarakat berisiko tinggi mengalami keparahan dan kematian yaitu lanjut usia dan dewasa muda dengan komorbid dan obesitas berat serta kelompok berisiko lainnya yang memerlukan perhatian yaitu dewasa dan remaja dengan kondisi immunocompromised sedang–berat, wanita hamil, dan tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan.

berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/2193/2023 tentang Pemberian Imunisasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Program, sasaran pemberian imunisasi COVID-19 kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu:

  1. Kelompok sasaran yang belum pernah menerima vaksin COVID-19 sama sekali, terdiri dari lansia, lansia dengan komorbid, dewasa dengan komorbid, tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan, ibu hamil, dan penyandang immunocompromised (orang yang mengalami gangguan
    sistem imun) sedang-berat;
  2. Kelompok sasaran yang sudah menerima minimal 1 dosis vaksin COVID-19 terdiri dari lansia, lansia dengan komorbid, dewasa dengan komorbid, tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan, ibu hamil, dan penyandang immunocompromised (orang yang mengalami gangguan sistem imun) sedang-berat.

Ayo Imunisasi Covid-19 untuk melindungi tubuh kita..!

(humpro)

Leave A Reply

Your email address will not be published.